Cermin make up sensor suara jurusan teknik elektro fakultas teknologi industri


Download 168 Kb.
Sana13.03.2020
Hajmi168 Kb.

KARYA ILMIAH

CERMIN MAKE UP SENSOR SUARA



JURUSAN TEKNIK ELEKTRO

FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI

INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG

2020

BAB. I PENDAHULUAN



  1. Latar Belakang

Make up adalah salah satu pilihan banyak orang untuk bias tampil menarik. Make up merupakan sesuatu yang sangat berharga untuk orang – orang yang ingin tampil beda dan terlihat lebih baik. Ini adalah kegiatan mengubah penampilan dari bentuk asli sebenarnya dengan bantuan bahan dan alat kosmetik. Istilah make up itu sendiri lebih sering ditunjukan kepada pengubahan bentuk wajah, walaupun sebenarnya pemakaian make up juga dapat digunakan ke seluruh tubuh. Fungsi dari seni make up atau tata rias ini adalah untuk menyempurnakan penampilan bentuk wajah, menggambarkan bentuk karakter tokoh dan menambah aspek dramatic. Jadi seni make up juga dapat menunjang penampilan dari seni lainnya seperti drama dan lain lain. Oleh karena itu banyak orang menjadikan make up ini sebaga mata pencaharian contohnya Make Up Artist atau seniman tata rias, tetapi para seniman tata rias ini juga membutuhkan banyak hal untuk membantu pekerjaannya, contohnya berbagai jenis make up dan juga barang – barang lainnya seperti cermin. Cermin yang merupakan salah satu aplikasi yang digunakan oleh banyak seniman tata rias ini biasanya hanya sebuah cermin yang dilengkapi oleh lampi – lampu di sekeliling cermin tersebut untuk membantu penerangan. Tidak jarang juga ada keluhan yang bersangkutan dengan cermin tata rias ini, salah satunya adalah cermin ini harus dinyalakan secara manual.

Cermin make up yang biasa digunakan harus dinyalakan secara manual dengan tombol kontak listrik untuk meghidupkan cahaya yang ada di sekeliling cermin make up ini. Tidak jarang juga muncul keluhan untuk bisa menyalakan cahaya yang ada di sekeliling cermin make upnya secara otomatis. Maka dari situ muncul lah ide cermin makeup otomatis dengan menggunakan sensor gerak atau pun suara yang akan kami buat dalam proyek ini.



  1. Rumusan Masalah

Berangkat dari latar belakang masalah terkait dengan proyek yang kami lakukan, dimana ada keluhan yang dilontarkan dari seniman tata rias tentang kemudahan yang kurang di cermin tata rias biasa sehingga dapat dirumuskan ke dalam rumusan masalah yaitu : “Mengapa cermin tata rias atau make up lebih unggul dan dapat memudahkan juga membantu seniman tata rias maupun orang biasa untuk berdandan?”

  1. Tujuan Penelitian

Adapun tujuan memilih judul dan membuat karya ilmiah ini adalah untuk membantu pekerjaan para seniman tata rias atau make up artist menjadi lebih mudah dengan membuat cermin make up otomatis dengan menggunakan sensor gerak atau suara yang dapat menghidupkan lampu yang ada di sekeliling cermin agar tidak repot untuk menyalakannya secara manual dan cermin dapat segera digunakan saat dibutuhkan.


  1. Metode Penelitian

Metode yang digunakan dalam menyelesaikan karya ilmiah ini yaitu dengan cara observasi dari berbagai macam sumber misalnya dari buku-buku dan internet.
Download 168 Kb.

Do'stlaringiz bilan baham:




Ma'lumotlar bazasi mualliflik huquqi bilan himoyalangan ©fayllar.org 2020
ma'muriyatiga murojaat qiling