Elektronika instrumentasi teknofisika nuklir


Download 0.52 Mb.
bet1/3
Sana21.03.2020
Hajmi0.52 Mb.
  1   2   3

LAPORAN KEGIATAN

INDONESIA NUCLEAR EXPO (NEXPO) DAN NUCLEAR YOUTH SUMMIT (NYS) 2019



MARISKA AMALIA

021900018

ELEKTRONIKA INSTRUMENTASI

TEKNOFISIKA NUKLIR

STTN


2019

  1. PENDAHULUAN

Indonesia Nuclear Expo (NEXPO) adalah suatu event yang diadakan oleh BATAN yang berkesempatan untuk berkolaborasi dengan Perhimpunan Kedokteran Nuklir Indonesia (PKNI) pada tahun 2019 ini. NEXPO 2019 terdiri atas beberapa acara yakni Annual Scientific and High Level Meeting, Scientific Conference, Nuclear Quality Expo, Nuclear Youth Summit (NYS). Rangkaian acara ini berlangsung dari tanggal 5-7 September 2019.

Nuclear Youth Summit (NYS) merupakan pertemuan dan bagi para pemuda penggiat nuklir untuk membahas dan melahirkan inovasi nuklir, baik untuk riset maupun pengenalan nuklir ke publik. NYS dilaksanakan oleh Komunitas Muda Nuklir Nasional (KOMMUN) terintegrasi dari acara NEXPO yang melibatkan BATAN dan PKNI. Pada tahun 2019 NYS memiliki tema “Youth and Innovation for Better Future”. Kegiatan ini sudah menjadi event tahunan sejak tahun 2013. NYS memiliki rangkaian kegiatan yakni lomba poster, seminar nasional, dan workshop.

Rangkaian kegiatan diatas bertujuan untuk memberikan wadah atau tempat bagi para ahli nuklir baik di bidang medis, industri, maupun reaktor dapat bertukar pikiran dan mampu mensosialisasikan ilmu dan riset yang mereka miliki kepada para pemuda yang ikut ajang tersebut.


  1. ISI

Pada tanggal 7 September 2019, para mahasiswa baru STTN angkatan 2019 berkesempatan untuk mengikuti rangkaian kegiatan NEXPO 2019 di hari terakhir. Kegiatan tersebut bertempat di Hotel Royal Ambarukmo. Acara pertama yang kami ikuti adalah seminar nasional Nuclear Youth Summit (NYS) di ruang kesultanan lantai 8. Pada acara tersebut dibuka dengan sambutan oleh Kepala BATAN Prof. Dr. Ir. Anhar Riza Antariksawan, selanjutnya ada kegiatan plenary lecture yang dibawakan oleh beberapa ahli dari luar negeri salah satunya Prof. Doong Soo Lee, MD, Ph.D dari Seoul National University College of Medicine. Selanjutnya sambutan oleh perwakilan dari Kementerian Ristekdikti Republik Indonesia yakni Ir. Agus Puji Prasetyono, M.eng. Acara terakhir dalam NYS adalah pemberian wawasan tambahan oleh Prof. Dr. Djarot S Wisnubroto berupa aplikasi ilmu dan teknologi nuklir untuk meningkatkan nilai kesejahteranaan umum yang layak dan menjadi inspirasi bagi pemuda Indonesia.

Selanjutnya sebagian dari kami mengikuti kegiatan parallel discussed dengan presenter para ahli di bidang teknologi nuklir medis dan nuklir reaktor. Kegiatan diskusi ini diikuti hanya 10-12 orang dalam satu ruangan parallel. Dalam diskusi ini terdapat beberapa inovasi para ahli yang di presentasikan yakni Multifunctional Material of UN, Charge Ordering at low temperature, Airborne Particulate Matter (APM), SBA-16, dan Neutrony analysisi of comparation UN-PuN fuel and ThN fuel. Melalui kegiatan ini memberikan wawasan bahwa nuklir sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari jika pengolahan bahan reaksi nuklir dilakukan secara efektif.

Kemudian kami mengunjungi pameran industri yang bergerak di bidang teknologi nuklir. Beberapa perusahaan yang menarik perhatian yakni Kimia Farma, GE Healthcare, PT Gamma Mitra Lestari. Perusahaan Kimia Farma memanfaatkan reaksi nuklir untuk memproduksi secara komersial produk kit radiofarmaka dan radioisotop yang didukung dengan kerjasama dengan BATAN. Produk radiofarmaka saat ini menunjukkan peningkatan kebutuhan di pasar. GE Healthcare adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang teknologi medis. Perusahaan ini menyediakan teknologi gambar informasi medis, diagnosa, sistem monitoring pasien, sera obat-obatan dan teknologi biofarmasi. GE Healhcare memiliki satu alat yang cukup menarik perhatian yakni PET CT. PET CT merupakan alat yang berfungsi untuk melakukan scanning untuk mendiagnosa suatu kerusakan yang terjadi pada organ maupun untuk melakukan pengecekan terhadap sel ukuran mikro dan sulit terdeteksi. Dengan alat ini para tenaga medis akan terbantu karena dapat melakukan diagnosa dengan akurat dan menentukan langkah penanganan yang efektif terhadap pasien. Yang terakhir adalah PT. Gamma Mitra Lestari, ialah suatu perusahaan yang melakukan kegiatan distribusi alat ataupun perlengkapan yang mendukung untuk kegiatan yang menghasilkan radiasi dengan intensitas cukup tinggi terutama di bidang teknologi nuklir. Jenis perlengkapan yang disediakan terbagi atas dua kategori yakni radiation protection equipment dan radiation monitoring equipment. Salah satu instrumen yang ditawarkan oleh ISP. The ISP adalah instalasi penyimpanan dan pengolahan limbah radioaktif di sebuah rumah sakit.

Selain pameran dari perusahaan instalasi medis, ada juga pameran poster yang berisi beberapa informasi ataupun riset yang berkaitan dengan pemanfaatan energi nuklir dalah fungsi kehidupan. Salah satu poster yang menarik perhatian adalah poster yang berjudul “The Behavior of RF Generator for Power Supply of Dee in The Cyclotron DECY-13” yang ditulis oleh Agus Dwiatmaja.

Setelah rangkaian acara diatas, kegiatan dilanjutkan dengan closing ceremonyyang diawali oleh presentasi dari para ahli medis mengenai riset-riset yang sedang mereka kembangkan.


  1. Penutup

Menurut pendapat saya. Indonesia NEXPO dan NYS 2019 adalah serangkaian acara yang sangat membantu dan membuka wawasan lebih luas dan jauh lagi mengenai pengembangan dan pengaplikasian iptek nuklir di bidang kehidupan baik medis maupun energi. Malalui kegiatan ini juga para pemuda dapat mensosialisasikan pemanfaatan iptek nuklir untuk kesejahteraan umum dan tujuan damai. Oleh karena itu diperlukan kesadaran para pemuda untuk ikut aktif berperan serta dukungan fasilitas-fasilitas dari pemerintah serta para masyarakat harus mendukung tujuan baik pengaplikasian iptek nuklir.

LAMPIRAN



Download 0.52 Mb.

Do'stlaringiz bilan baham:
  1   2   3




Ma'lumotlar bazasi mualliflik huquqi bilan himoyalangan ©fayllar.org 2020
ma'muriyatiga murojaat qiling