Hardware abstraction layer (hal)


Download 41.93 Kb.
Sana19.04.2020
Hajmi41.93 Kb.

Windows XP

  • Arsitektur

Sistem operasi windows NT memiliki menggunakan model struktur berlapis (layered). Dalam arsitektur ini komponen dalam sistem operasi tidak tergantung dari komponen yang lain, dengan demikian modifikasi atau perubahan dalam satu komponen tidak berpengaruh banyak pada komponen lainnya. Arsitektur Windows NT secara global terdidi dari empat lapisan yaitu:

  1. Hardware abstraction layer (HAL)

  2. Kernel

  3. Subsystems

  4. System services

     Hardware Abstraction Layer (HAL), lapisan ini memetakan perintah dan tanggapan perangkat keras generik menjadi perintah dan tanggapan unik platform tertentu seperti Intel 486 atau Pentium, Motorola PowerPC, atau DEC Alpha. HAL membuat machine system bus, DMA controller, interrupt controller, system timer, dan modul memori. Sebagai mana oleh kernel HAL juga menyediakan dukungan untuk symmetric multiprocessing. Kernel, lapisan ini berisi komponen-komponen sistem operasi paling dasar. Kernel mengelola penjadwalan dan context switching, exception handling dan interrupt handling serta multiprocessing synchronization. Subsystems, lapisan ini terdiri dari berbagai ragam modul, fungsi-fungsi spesifik yang menggunakan layanan-layanan dasar yang disediakan kernel. System services, lapisan ini menyediakan antarmuka ke perangkat lunak mode pemakaian.

  • Konsep Kerja

1. Master Boot Record (MBR)–> BIOS memeriksa MBR dan memulai sekuens booting

  • Error —> Akses ditolak muncul pesan “Mising Operating System”

  • Solusi —> Menulis ulang MBR (Masuk ke Recovery Console dari menu Repair XP, ketikkan “fixmbr”)

2. Partition Boot Record (PBR) –> Memeriksa apakah semua file booting yang dibutuhkan tersedia

  • Error —> Partisi tidak dikenali, BIOS melaporkan “invalid partition table”

  • Solusi —> Perbaiki dengan test disk (Jalankan Tool Test Disk, Pilih “Fix Partition Table” atau “Recovery Deleted Partition”

3.  NTLoader —> PBR mengaktifkan “ntldr.exe” yang meload boot manager boot.ini

  • Error —> File tidak ditemukan laporan ” NTLDR is Missing”

  • Solusi —> Mengcopy file (Ketikkan “fixboot c:” pada recovery console, copy file “ntloader” dari cd setup ke hardisk “Copy d:\i386\ntldr c:”

4.  Boot Menu —> File “boot.ini” menampilkan menu boot, disini user memilih windows XP

  • Error —> File tidak ditemukan muncul pesan “invalid boot.ini”

  • Solusi —> Memperbaiki sector boot (Masuk ke Recovery Console, ketikkan “bootcfg/rebuild”

5. NTdetect —> Memeriksa semua komponen hardware yang terpasang

  • Error —> Crash dengan pesan kesalahan. Anda mendapat pesan “NTLDR is missing” atau “Disk I/O Error, Error=00000100000 NT-detect”

  • Solusi —> Mengcopy kembali file (dalam recovery console,copy file “ntdetect.com” dari cd setup XP ke harddisk “Copy d:\i386\ntdetect.com c:”

6. Kernel/HAL —> Windows kernel dan Hardware Abstraction Layer (HAL) diaktifkan

  • Error —> crash dengan blue screen, booting di hentikan dengan “Bluescreen of Death”

  • Solusi —> Memperbaiki partisi XP (Boot PC dengan CD Setup XP dan pilih to repair a windows XP…”, bila tak berhasil PC harus di install ulang

7. Aktivasi Driver —> XP mengaktigkan semua driver hardware yang dibutuhkan dan diberikan status “activated” dalam registry

  • Error —> Crash dengan bluescreen. Anda mendapatkan pesan bluescreen “IRQ_LESS_OR_EQUAL”

  • Solusi —> Safe mode dan singkirkan driver yang rusak, bila tidak membantu komponen hardware tersebut perlu disingkirkan

8. Inisialisasi Kernel —> NTLoader menyerahkan kekuasaan perintah kepada kernel windows

  • Error —> Komputer hang, PC hang setelah muncul  pesan “Windows is starting up….”

  • Solusi —> Bantuan dari Microsoft http://support.microsoft.com/kb/314477/ para developer windows memberikan pilihan solusi untuk beberapa kemungkinan kesalahan

9. Mengakifkan Services —> Services smss.exe, winlogon.exe, lsass.exe, service.exe diaktifkan

  • Error —> Seringkalai bluescreen, system crash ditandai dengan bluescreen atau pesan kesalahan yang tak jelas, kadang windows hang begitu saja

  • Solusi —> Melacak Virus (Mungkin saja PC menjadi korban sebuah Trojan/Virus, Booting dengan safe mode dan singkirkan malware ini, bila anda tidak sampai desktop perbaiki XP dengan CD Setup)

10. Login —> Windows meminta input nama pengguna dan password

  • Error —> Tidak ada akses. Muncul pesan kesalahan “Incorrect User Name or Password”

  • Solusi —> Reset Password (Bila anda memiliki sebuah disket password reset dgn itu anda dpt mengakses PC, bila tidak “System Rescue berbasis LINUX yang tersedia di http://www.sysresccd.org/main_page dapat membatu)

11. XP Siap Bekerja —>Desktop, Icon dan program-program startup diloading. Setelah itu windows siap bekerja

  • Error —> Berbagai kesalahan dapat muncul (Hang, Blue Screen)

  • Solusi —> Memeriksa System dengan cermat. Periksa semua program startup dalama “msconfig”. Scan sistem dengan program antivirus. Beberapa masalah dapat diatasi di safe mode.



  • Fitur

Windows xp ini memiliki interface atau tampilan yang cukup bagus pada masanya.Selain itu, versi windows ini juga memiliki penambahan fitur yang bagus.Dianaranya adalah dukungan pada sistem domain active directory, penigkatan pengaturan kontrol akses, serta mendukung EFS( Encryption File Sistem ) atau sistem berkas terenskripsi. 

Windows Vista, 7, 8, 10



  • Arsitektur

Sistem operasi Windows memiliki arsitektur yang sangat modular. Setiap fungsi sistem dikelola oleh satu komponen dari sistem operasi. Semua aplikasi mengakses fungsi melalui komponen yang bertanggung jawab menggunakan antar muka data standar (data standar interfaces). Key sistem hanya dapat diakses melalui sesuai fungsi. dalam arsitektur modular ini pada prinsipnya setiap modul dapat dihapus, upgrade, atau diganti tanpa menulis ulang seluruh sistem atau standar aplikasi program antarmuka (API). Berbagai ragam Kernel-mode komponen Windows adalah sebagai berikut:
Exekutiv : Berisi dasar layanan sistem operasi, seperti manajemen memori, proses dan manajemen thread, keamanan, I / O, dan komunikasi interprocess.
Kernel : Mengontrol eksekusi prosesor (s). Kernel mengelola benang penjadwalan, proses switching, pengecualian dan penanganan interupsi, dan multiprosesor sinkronisasi. Tidak seperti sisa Eksekutif dan tingkat pengguna, kode sendiri Kernel ini tidak berjalan di thread.
Hardware Abstraction Layer (HAL) : Maps antara perintah hardware generic dan tanggapan dan mereka yang unik untuk platform tertentu. Ini mengisolasi OS dari platform-spesifik hardware differences.The HAL membuat setiap computer sistem bus, memori akses langsung (DMA) controller, interrupt controller, system timer, dan modul memori terlihat sama dengan Eksekutif dan Kernel komponen. Hal ini juga memberikan dukungan yang diperlukan untuk multiprocessing simetris (SMP), menjelaskan selanjutnya.
Device Driver : Perpustakaan dinamis yang memperluas fungsionalitas dari Eksekutif. Ini termasuk driver perangkat keras yang menerjemahkan pengguna I / O fungsi panggilan ke perangkat hardware tertentu I / O permintaan dan komponen perangkat lunak untuk menerapkan sistem file, protokol jaringan, dan setiap ekstensi sistem lainnya yang perlu dijalankan dalam mode kernel.
Sistem Operasi
45
Windowing and Graphics System : Mengimplementasikan pengguna grafis antarmuka (GUI) fungsi, seperti berurusan dengan windows, antarmuka pengguna kontrol, dan menggambar. Executive Windows termasuk komponen untuk fungsi sistem tertentu dan menyediakan API bagi pengguna-mode software.
Berikut ini adalah deskripsi singkat dari masing-masing dari modul Eksekutif:
I/O Manager. Menyediakan kerangka kerja di mana perangkat I / O dapat diakses untuk aplikasi, dan bertanggung jawab untuk pengiriman ke driver perangkat yang sesuai untuk diproses lebih lanjut. Manajer I / O menerapkan semua Windows I / O API dan keamanan menegakkan dan penamaan untuk perangkat, protokol jaringan, dan file system.
Cache Manager. Meningkatkan kinerja berbasis file I / O dengan menyebabkan baru Data file yang direferensikan untuk berada di memori utama untuk akses cepat, dan dengan menunda disk menulis dengan memegang pembaruan dalam memori untuk waktu yang singkat sebelum mengirim mereka ke disk.
Object Manager. Membuat, mengelola, dan menghapus objek Executive Windows dan tipe data abstrak yang digunakan untuk mewakili sumber daya seperti proses, benang, dan objek sinkronisasi. Ini memaksa aturan seragam untuk mempertahankan, penamaan, dan pengaturan keamanan objek. Manajer objek juga menciptakan objek menangani, yang terdiri dari informasi kontrol akses dan pointer ke benda object.Windows dibahas kemudian dalam bagian ini.
Plug and Play Manager. Menentukan driver yang diperlukan untuk mendukung khususnya perangkat dan beban tersebut driver.
Power Manager. Koordinat manajemen daya antara berbagai perangkat dan dapat dikonfigurasi untuk mengurangi konsumsi daya dengan mematikan perangkat menganggur, menempatkan prosesor untuk tidur, dan bahkan menulis semua memori ke disk dan menutup aliran listrik ke seluruh sistem.
Sistem Operasi
46
Security Reference Monitor. Memberlakukan akses-validasi dan audit generasi rules.The Windows model berorientasi objek memungkinkan untuk konsisten dan seragam melihat keamanan, sampai ke entitas mendasar yang membentuk Eksekutif. Dengan demikian, Windows menggunakan rutinitas yang sama untuk validasi akses dan untuk Audit memeriksa semua benda yang dilindungi, termasuk file, proses, ruang alamat, dan I / O device.
Virtual Memory Manager. Mengelola alamat virtual, memori fisik, dan paging file pada disk. Kontrol hardware memori manajemen dan data struktur yang memetakan alamat virtual dalam ruang alamat proses untuk halaman fisik dalam memori komputer.
Process/thread Manager. Membuat, mengelola, dan proses menghapus dan thread object.
Configuration Manager. Bertanggung jawab untuk melaksanakan dan mengelola system registry, yang merupakan repositori untuk kedua sistem yang luas dan berbagai parameter setiap pengaturan user.
Local Procedure Call (LPC) Facility. Mengimplementasikan efisien lintas proses Prosedur panggilan mekanisme komunikasi antara proses lokal mengimplementasikan layanan dan subsistem. Serupa dengan panggilan prosedur remote (RPC) fasilitas yang digunakan untuk pengolahan terdistribusi.

  • Konsep Kerja

  1. Windows Vista

Pada intinya, Windows Vista masih merupakan sistem operasi. Memiliki dua utama di belakang layar pekerjaan:

* Mengelola sumber daya hardware dan software, termasuk prosesor, memori, penyimpanan dan perangkat tambahan
* Membiarkan program untuk bekerja dengan perangkat keras komputer

Jika semuanya berjalan dengan baik, pekerjaan ini biasanya tidak terlihat oleh pengguna, tapi itu penting untuk operasi komputer. Anda dapat mempelajari tentang tugas-tugas tersebut secara lebih rinci dalam Bagaimana Kerja Sistem Operasi.

Tetapi ketika banyak orang berpikir tentang sistem operasi, mereka berpikir dari bagian mereka dapat melihat - antarmuka pengguna berbasis grafik (GUI). GUI adalah apa yang digunakan orang untuk berinteraksi dengan hardware dan software di komputer. Pada sistem Windows, fitur seperti menu Start, recycle bin dan representasi visual dari file dan folder adalah bagian dari GUI.

Windows Vista's GUI adalah sebuah 3-D interface yang disebut Windows Aero. Dari empat edisi Windows Vista, tiga - Home Premium, Business dan Ultimate - mendukung Windows Aero. Home Basic, yang paling skala-down edisi OS, menggunakan grafis yang kurang intensif bukan Aero GUI. Edisi yang lain juga dapat menggunakan GUI dasar ini, sehingga orang-orang dengan komputer lama yang tidak dapat mendukung banyak grafik 3-D masih dapat meng-upgrade ke Vista.

  1. Windows 7



  1. Windows 8

Windows 8 menggunakan algoritma Round Robin, Algoritma ini menggilir proses yang ada di antrian. Proses akan mendapat jatah sebesar time quantum. Jika time quantum-nya habis atau proses sudah selesai, CPU akan dialokasikan ke proses berikutnya. Tentu proses ini cukup adil karena tak ada proses yang diprioritaskan, semua proses mendapat jatah waktu yang sama dari CPU yaitu (1/n), dan tak akan menunggu lebih lama dari (n-1)q dengan q adalah lama 1 quantum.
Algoritma ini sepenuhnya bergantung besarnya time quantum. Jika terlalu besar, algoritma ini akan sama saja dengan algoritma first come first served. Jika terlalu kecil, akan semakin banyak peralihan proses sehingga banyak waktu terbuang.

Permasalahan utama pada Round Robin adalah menentukan besarnya time quantum. Jika time quantum yang ditentukan terlalu kecil, maka sebagian besar proses tidak akan selesai dalam 1 quantum. Hal ini tidak baik karena akan terjadi banyak switch, padahal CPU memerlukan waktu untuk beralih dari suatu proses ke proses lain (disebut dengan context switches time). Sebaliknya, jika time quantum terlalu besar, algoritma Round Robin akan berjalan seperti algoritma first come first served. Time quantum yang ideal adalah jika 80% dari total proses memiliki CPU burst time yang lebih kecil dari 1 time quantum.



  1. Windows 10

Windows 10 Cloud, Sistem Operasi yang berjalan pada awan, atau lebih tepatnya OS ini berjalan pada sisi lain dari laptop. Jika kamu sudah mengetahui Chromebook mungkin bisa dibilang begitu, sistem operasi yang membutuhkan koneksi internet setiap saat menggunakan nya.

Tapi ini bukanlah Windows 10 S (Cloud) yang berjalan pada sisi lain laptop, melainkan sebuah evolusi baru pada sistem operasi Windows yang berjalan sesuai kehendak Microsoft. Dengan kata lain, sistem operasi ini hanya diperbolehkan menggunakan aplikasi atau game yang berada di Windows Store saja.

Sesuai dengan perkataan Microsoft, sistem operasi ini dibuat lebih aman dengan hanya menggunakan aplikasi yang terdapat dari Windows Store. Tentu saja kecil kemungkinan malware bisa bersarang di laptop.


  • Fitur

  1. Windows Vista

1. Gadget

2. Aero


3. Search

4. Disk Management

5. ReadyBoost


  1. Windows 7

  • Action Center

  Aero Shake

  Aero Snap

  Aero Peek

  Aero Templates dan Theme

  Device Stage

  Gadgets

  Location Aware Printing

  Windows Media Player 12

  Windows Touch

  Windows XP Mode 7. 



  1. Windows 8

  • Aplikasi standar baru: Calculator (Modern UI), Alarm, Sound Recorder, Reading List, Food & Drink, Help & Tips, Skype (Modern UI), dan sebuah File Manager berbasis Modern UI (menyatu bersama aplikasi SkyDrive Modern UI).

  • Kembalinya Tombol Mulai dan Hilangnya aplikasi Messaging (Digantikan aplikasi Skype Modern UI).

  • Terintegrasi dengan Internet Explorer 11.

  • Boot ke desktop

  • Latar Layar Mulai

  • Bing Smart Search

  • Multitugas fleksibel

  • Layar Mulai fleksibel

  • Tampilan Baru File Explorer



  1. Windows 10

  • Paint 3D

  • Game Mode

  • Beam Game Broadcast

  • Mini View

  • Microsoft Edge dengan fitur Preview

  • Night Light

  • Windows Ink yang lebih pintar

  • Windows Mixed Reality

  • Fitur keamanan lebih baik

  • Storage Sense

Download 41.93 Kb.

Do'stlaringiz bilan baham:




Ma'lumotlar bazasi mualliflik huquqi bilan himoyalangan ©fayllar.org 2020
ma'muriyatiga murojaat qiling